STRATEGI PEMBERDAYAAN PEDAGANG KAKI LIMA MELALUI SENTRA WISATA KULINER PENJARINGANSARI KECAMATAN RUNGKUT KOTA SURABAYA

Authors

  • Bellinda Alvania Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • revanda amelia Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • vito wibisono Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • hendra wijayanto Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.46730/jiana.v23i2.8269

Abstract

Kota Surabaya sebagai pusat perdagangan Jawa Timur memiliki kontribusi besar dari Pedagang Kaki Lima (PKL) dalam perekonomian lokal. PKL berperan penting dalam menyerap tenaga kerja, khususnya di wilayah perkotaan. Namun, keberadaannya juga menimbulkan masalah sosial, ekonomi, dan lingkungan, seperti kemacetan, kebersihan, dan ketidakteraturan tata ruang. Untuk mengatasi hal ini, Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, dan Perdagangan mengembangkan program Sentra Wisata Kuliner (SWK) sebagai bentuk penataan dan pemberdayaan PKL. Penelitian ini bertujuan mengkaji strategi pemberdayaan PKL di SWK Penjaringansari, Kecamatan Rungkut, menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teori pemberdayaan masyarakat oleh Mardikanto dan Soebiato (2012) yang mencakup empat aspek, yaitu bina manusia, bina usaha, bina lingkungan, dan bina kelembagaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program SWK telah dilaksanakan dengan strategi yang mendukung penguatan usaha PKL. Meskipun pandemi COVID-19 berdampak negatif terhadap usaha mereka, program ini tetap menunjukkan komitmen pemerintah dalam mendukung pemulihan ekonomi mikro. Diperlukan penguatan berkelanjutan pada aspek pemberdayaan dan peningkatan kapasitas teknologi serta kelembagaan guna mendukung pengembangan PKL secara optimal.

Kata Kunci: Pemberdayaan, Pedagang Kaki Lima, Sentra Wisata Kuliner, Surabaya, Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Published

2025-08-22 — Updated on 2025-08-22

How to Cite

Alvania, B., amelia, revanda, wibisono, vito, & wijayanto, hendra. (2025). STRATEGI PEMBERDAYAAN PEDAGANG KAKI LIMA MELALUI SENTRA WISATA KULINER PENJARINGANSARI KECAMATAN RUNGKUT KOTA SURABAYA. JIANA ( Jurnal Ilmu Administrasi Negara ), 23(2), 133–144. https://doi.org/10.46730/jiana.v23i2.8269