PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR DESA RINGIN KECAMATAN BATANG GANSAL KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Penulis

  • Indrayani Universitas Riau Indonesia
  • Supardi Universitas Riau Indonesia
  • Nia Mardiana Universitas Riau Indonesia
  • Nurul Robiatul Universitas Riau Indonesia
  • Lilis Dea Ananda Universitas Riau Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46730/jiana.v22i3.8291

Abstrak

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Budaya Organisasi terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Desa Ringin Kecamatan Batang Gansal Kabupaten Indragiri Hulu. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Pengumpulan data primer melalui kuisioner terhadap 13 orang pegawai dan 85 masyarakat. Metode analisis data menggunakan Regresi Linier Sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan dengan t hitung (9,741) > t tabel (1,66055), sedangkan hasil perhitungan koefisien determinisasi variabel independent ( Budaya Organisasi) mempengaruhi variabel Dependen (Kualitas Pelayanan) sebesar  70,5%. Dengan kata lain budaya organisasi memberikan pengaruh sebesar 70,5% terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Desa Ringin Kecamatan Batang Gansal. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 29,5% merupakan pengaruh faktor lain diluar penelitian, misalnya motivasi kerja dan kepuasan kerja. Maka dapat disimpulkan semakin tinggi budaya organisasi maka semakin tinggi pula kualitas pelayanan pada Kantor Desa Ringin Kecamatan Batang Gansal Kabupaten Indragiri Hulu.

 

Kata Kunci : Budaya Organisasi, Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik

 

Diterbitkan

2024-12-31

Cara Mengutip

Indrayani, Supardi, Mardiana, N., Robiatul, N., & Ananda, L. D. (2024). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR DESA RINGIN KECAMATAN BATANG GANSAL KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 22(3), 283–291. https://doi.org/10.46730/jiana.v22i3.8291