KLAMPID NEW GENERATION SEBAGAI EFEKTIVITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN KELURAHAN UJUNG

Penulis

  • Laila Ainun Fitria Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.46730/jiana.v21i2.8101

Kata Kunci:

Kata Kunci, Administrasi Kependudukan, Efektivitas, Klampid New Generation, Inovasi, Pelayanan Publik

Abstrak

Pelayanan publik setiap warga negara memegang peranan penting dalam memenuhi kebutuhan hidup sejak lahir hingga meninggal dunia. Pelayanan publik yang baik dinilai dari seberapa baik pelayanan tersebut diberikan sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan (Dr. Hamdan Firmansyah et al., 2022). Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya telah meluncurkan sebuah aplikasi web inovatif bernama Klampid New Generation. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya berharap warga Surabaya dapat menggunakan aplikasi KNG dan mendapatkan pelayanan yang efektif. Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui efektivitas inovasi KNG di Disdukcapil Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-analitik dengan menggunakan sumber data sekunder yang sangat berguna untuk mendukung analisis penulis dalam artikel ini. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pelayanan publik Disdukcapil Surabaya lebih efektif berkat inovasi KNG. Kesimpulannya dengan penerapan KNG, pelayanan Disdukcapil dapat lebih efektif dibandingkan dengan model pelayanan manual (Oktariyanda & Rahaju, 2018).

Referensi

Amalia Zulmanda, C. (2018). KUALITAS PELAYANAN E-LAMPID (ELECTRONIC LAHIR, MATI, PINDAH, DATANG) di Dinas KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA SURABAYA (Studi Pada

Pelayanan Pengurusan Akta Kelahiran dan Kematian).

http://dispendukcapil.surabaya.go.id

Aswar Annas. (2017). Interaksi Pengambilan Keputusan dan Evaluasi Kebijakan (Andi Gunawan Ratu Chakti, Ed.).

Dr. Hamdan Firmansyah, Mmp. M., Wesley Liano Hutasoit, S. Sos. , M. S., & Aditya Wardhana, SE. , M. Si. , MM. , dkk. (2022). Pelayanan Publik di Era Tatanan Normal Baru (S. Sos. , M. Si. Agus Hendrayady, Ed.). Media Sains Indonesia.

Kalvet, & Tarmo. (2012). Innovation: A factor explaining e-government success in

Estonia. Electronic Government, 9(2), 142–157.

https://doi.org/10.1504/EG.2012.046266

Kurniawati, Nia Kania, & Danang Eka. (2018). The Case Study On The Innovation Of Public Services On Bringing Free Birth Certificate In Tangerang Regency. Proceedings of The International Conference on Social

Sciences (ICSS).

Nur Islamiyati, D., & Widowati, N. (2021). ANALISIS INOVASI AJI WELAS (AKTA JADI JIKA PEMOHON MASUK SEBELUM JAM SEWELAS) DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SEMARANG.

and Technologies, 12.1.

Oktariyanda, T. A., & Rahaju, T. (2018). E- government strategy of Surabaya city government through e-rt / rw to improve the quality of public service. Journal of Physics: Conference Series, 953(1). https://doi.org/10.1088/1742- 6596/953/1/012161

Putri Berliaana, & Octavera. (2021). “Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Dinas Dukcapil Kota Mataram.”

Rian Andhika, L., Nurasa, H., Karlina, N., & Candradewini, C. (2018). Governance Innovation in Civil Registration Record in Indonesian Local Government. In Pakistan Administrative Review (Vol. 2, Issue 2).

Styareni, & Eva Hany Fanida. (2021). INOVASI PELAYANAN “JOSS BANGET MAS” (JEMPUT ONLINE SINGLE SUB,ISSION BERSAMA INSTANSI TERKAIT DAN MALAM HARI BISA) DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN

BLITAR. Publika, Vol 9 No 1 (2021).

Sufianti, Ely, & Edah Jubaedah et al. (2021). Building Sustainability of Public Service Innovation in Bnadung City, West Java, Indonesia. Atlantis Press.

Testiana, Azhalola, Kristina Setyowati, & Rina Herlina Haryati. (2019). Innovation of Civil Administration Services The Regional for Population and Civil Registry Office of Surakarta City (Tge Study of Processes “Besuk Kiamat” program. International Journal of Progressive Sciences

Diterbitkan

2023-08-31

Cara Mengutip

Fitria, L. A. (2023). KLAMPID NEW GENERATION SEBAGAI EFEKTIVITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN KELURAHAN UJUNG. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 21(2), 111–121. https://doi.org/10.46730/jiana.v21i2.8101