IMPLEMENTASI PROGRAM KESETARAAN, KEAKSARAAN, KURSUS DAN PELATIHAN PADA PENDIDIKAN KESETARAAN DI KABUPATEN SERANG TAHUN 2024

Authors

  • tamimi universitas sultang ageng tirtayasa
  • titi stiawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • suwaiba amiruddin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.46730/jiana.v23i2.8267

Abstract

Program Implementasi Kesetaraan, Keaksaraan, Kursus, dan Pelatihan pada Pendidikan Kesetaraan di Kabupaten Serang Tahun 2024 merupakan upaya strategis untuk memperluas akses pendidikan nonformal bagi masyarakat yang terpinggirkan dari sistem pendidikan formal. Program ini dirancang untuk menjawab tantangan tingginya angka putus sekolah, rendahnya tingkat literasi, serta minimnya keterampilan vokasional di wilayah tersebut, khususnya di daerah pedesaan dan perbatasan. Melalui tiga pilar utama pendidikan kesetaraan (Paket A, B, C), pemberantasan buta huruf (Keaksaraan Fungsional), serta kursus dan pelatihan berbasis kebutuhan lokal, program ini bertujuan meningkatkan kompetensi akademik, literasi dasar, dan keterampilan praktis masyarakat. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan model evaluasi CIPP untuk menilai efektivitas pelaksanaan program. Hasil awal menunjukkan adanya peningkatan partisipasi warga, penurunan angka buta huruf, serta terbentuknya usaha ekonomi mandiri pasca pelatihan. Dengan demikian, program ini tidak hanya berkontribusi pada peningkatan pendidikan nonformal, tetapi juga mendukung pencapaian SDGs, khususnya tujuan ke-4 tentang pendidikan berkualitas dan tujuan ke-8 tentang pekerjaan layak serta pertumbuhan ekonomi.

Kata Kunci: implementasi, kursus, kesetaraan

Published

2025-08-31

How to Cite

tamimi, stiawati, titi, & amiruddin, suwaiba. (2025). IMPLEMENTASI PROGRAM KESETARAAN, KEAKSARAAN, KURSUS DAN PELATIHAN PADA PENDIDIKAN KESETARAAN DI KABUPATEN SERANG TAHUN 2024. JIANA ( Jurnal Ilmu Administrasi Negara ), 23(2), 194–204. https://doi.org/10.46730/jiana.v23i2.8267