IMPLEMENTASI PROGRAM KESETARAAN, KEAKSARAAN, KURSUS DAN PELATIHAN PADA PENDIDIKAN KESETARAAN DI KABUPATEN SERANG TAHUN 2024
DOI:
https://doi.org/10.46730/jiana.v23i2.8267Abstract
Program Implementasi Kesetaraan, Keaksaraan, Kursus, dan Pelatihan pada Pendidikan Kesetaraan di Kabupaten Serang Tahun 2024 merupakan upaya strategis untuk memperluas akses pendidikan nonformal bagi masyarakat yang terpinggirkan dari sistem pendidikan formal. Program ini dirancang untuk menjawab tantangan tingginya angka putus sekolah, rendahnya tingkat literasi, serta minimnya keterampilan vokasional di wilayah tersebut, khususnya di daerah pedesaan dan perbatasan. Melalui tiga pilar utama pendidikan kesetaraan (Paket A, B, C), pemberantasan buta huruf (Keaksaraan Fungsional), serta kursus dan pelatihan berbasis kebutuhan lokal, program ini bertujuan meningkatkan kompetensi akademik, literasi dasar, dan keterampilan praktis masyarakat. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan model evaluasi CIPP untuk menilai efektivitas pelaksanaan program. Hasil awal menunjukkan adanya peningkatan partisipasi warga, penurunan angka buta huruf, serta terbentuknya usaha ekonomi mandiri pasca pelatihan. Dengan demikian, program ini tidak hanya berkontribusi pada peningkatan pendidikan nonformal, tetapi juga mendukung pencapaian SDGs, khususnya tujuan ke-4 tentang pendidikan berkualitas dan tujuan ke-8 tentang pekerjaan layak serta pertumbuhan ekonomi.
Kata Kunci: implementasi, kursus, kesetaraan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.

Jurnal Ilmu Administrasi Publik is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.