INOVASI BUDAYA ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA DAN PELAYANAN PUBLIK
DOI:
https://doi.org/10.46730/jiana.v22i1.8160Keywords:
Inovasi, budaya organisasi, pelayanan publicAbstract
Artikel ini bertujuan mengeksplorasi peran pelayanan publik dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan peran pemerintah dalam memberikan layanan yang berkualitas. Artikel ini juga membahas pentingnya budaya organisasi dalam meningkatkan kinerja pelayanan publik. Ini menyoroti peran budaya organisasi dalam menumbuhkan kepercayaan, membina hubungan baik, dan meningkatkan efektivitas pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan studi kepustakaan untuk menganalisis data dari berbagai sumber, antara lain buku, jurnal, artikel, dan karya ilmiah, untuk memahami dampak budaya organisasi terhadap efektivitas dan efisiensi pelayanan publik. Hasil dari penelitian menyoroti pentingnya budaya organisasi dalam meningkatkan kualitas dan efektivitas pelayanan publik. Dengan mengkaji dampak budaya organisasi terhadap kualitas dan efektivitas pelayanan publik, maka dapat meningkatkan kualitas dan efektivitas pelayanan publik. Kesimpulannya, artikel ini memberikan wawasan berharga bagi pembuat kebijakan dan praktisi untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pelayanan publik.
References
Ali, K., & Saputra, A. (2020). Tata Kelola Pemerintahan Desa Terhadap Peningkatan Pelayanan Publik Di Desa Pematang Johar. Warta Dharmawangsa, 14(4), 602-614.
Amrullah, M. N. K., & Riani, A. L. (2018). Prospektif Kepemimpinan Pelayanan dan Budaya Organisasi dalam Mewujudkan Birokrasi Pertanahan yang Berkinerja (Studi di Kantor Pertanahan Kabupaten Madiun). Al Tijarah, 4(1), 1-18.
Bukman, H., & Lian, M. M. (2017). Kepemimpinan dan Kualitas Kinerja Pegawai.
Candra, Y., Rahmat, R., & Putra, S. E. (2021). Komunikasi Dan Manajemen Organisasi. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 2(3), 44-51.
Dewi, R. C., & Suparno. (2021). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Dialektika: Jurnal Ilmu Sosial, 19(1), 39–46. https://doi.org/10.54783/dialektika.v19i1 .62
Dwiyanto, A. (2021). Reformasi birokrasi publik di Indonesia. Ugm Press.
Jogiyanto Hartono, M. (Ed.). (2018). Metoda pengumpulan dan teknik analisis data. Penerbit Andi.
Jufrizen, J., & Rahmadhani, K. N. (2020). Pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pegawai dengan lingkungan kerja sebagai variabel moderasi. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 3(1), 66-79.
Jusmin, A. (2016). Analisis Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Adminitrasi Perhubungan Jayapura. Future: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 13-27.
Kusumawati, R. (2008). Analisis Pengaruh Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada RS Roemani Semarang). AKSES: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol.3 No.6.
Lafinya, R. (2017). PENGARUH KEPEMIMPINAN, LINGKUNGAN KERJA, BUDAYA ORGANISASI, DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PADA PT. PANDU SIWI SENTOSA SURABAYA (Doctoral dissertation, STIE MAHARDHIKA SURABAYA).
Mansur, L., & Tikson, D. T. Karakteristik Budaya Organisasi dan Hubungannya dengan Kinerja Organisasi pada Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia. Retrieved October 10, 2020.
Maulana, A. K., & Larasati, E. (2017). Analisis Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang. Journal of Public Policy and Management Review, 6(2), 659-668.
Ngabito, F. M., & Potale, I. (2023). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pelayanan Publik di Kantor Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Kabupaten Gorontalo Utara. PUBLIKA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 9(1), 40-46.
Pabundu. 2010. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Pratami, M., Ranbilal, R., Wahyudin, C., & Salbiah, E. (2023). Strategi Inovasi Pelayanan Perubahan Data Kartu Keluarga Berbasis Online.KARIMAH TAUHID,2(1), 60-75.
Ridwanullah, M., Utami, A. A., Wahyudin, C., Nurpadillah, S., Pratama, F., Rukmana, H., & Muhammad, F. (2019). Implementation of e-Governance to Improve the Civil Administration Service Quality in Public Sector.International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR),48(3), 168-178
Riono, S. B., Syaifulloh, M., & Utami, S. N. (2020). Pengaruh Komunikasi Organisasi, Budaya Organisasi, Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Rumah Sakit dr. Soeselo Kabupaten Tegal. Syntax, 2(4), 139.
Robbins, SP, & Judge, TA (2015). Organizational Behavior. New Jersey: Pearson Education, Inc
Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41-53.
Setiawati, B. (2016). Peran Budaya Organisasi Birokrasi Dalam Meningkatkan Kinerja Pelayanan Publik. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 2(4).
Sholehah, A. Z., Susanto, C. Z., Qotrunada, R., Wahyudin, C., & Salbiah, E. (2023). PERAN BUDAYA ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK. KARIMAH TAUHID, 2(1), 352-359.
Wahyudin, C. (2022). Implementation Of Online Annual Motor Vehicle Tax Payment Services In The Cibadak Samsat Area, Sukabumi Regency.Journal of Multidisciplinary Science,1(2), 64-70
Wahyuni, E. (2015). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Bagian Keuangan Organisasi Sektor Publik Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pegawai Pemerintah Kota Tasikmalaya). Nominal Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 4(1), 96-112.
Yusri A. Boko. (2019). Perkembangan Teori Manajemen (Teori Ilmiah Dan Teori Organisasi Klasik). Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (JUPEK), 3(2), 9–25.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.

Jurnal Ilmu Administrasi Publik is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.