EVALUASI PROGRAM BEASISWA BERPRESTASI DI KABUPATEN PAKPAK BHARAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan dan keberlanjutan program beasiswa berprestasi di kabupaten Pakpak Bharat dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Program ini dirancang untuk mendukung siswa berprestasi namun kurang mampu secara finansial dalam melanjutkan pendidikan mereka. Penelitian ini bermanfaat untuk memberikan masukan dan rekomendasi kebijakan bagi pembuat kebijakan tentang cara mengelola dan meningkatkan kualitas Program Beasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan analisis kualitatif. Dengan informan penelitian: Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pakpak Bharat, Pengelola Program Beasiswa, Mahasiswa penerima manfaat program dan Orangtua siswa penerima manfaat program. Sumber data yang digunakan data primer dan sekunder dengan tehnik pengumpulan data melalui Observasi, Dokumentasi dan Wawancara. Tehnik analisis data menggunakan Reduksi data,Penyajian data dan Verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini sangat relevan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Pakpak Bharat, meskipun menghadapi beberapa kendala seperti prosedur birokrasi, pencairan dana yang terlambat, dan anggaran yang tidak mencukupi. Evaluasi aspek Context mengungkapkan bahwa program ini penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di daerah Kabupaten Pakpak Bharat. Dari aspek Input, dukungan pendanaan dan infrastruktur yang memadai menjadi faktor penting dalam keberhasilan program. Process pelaksanaan program menunjukkan hasil yang positif meskipun masih terdapat beberapa kendala administratif. Dari aspek Product, program ini telah berhasil membantu ratusan siswa melanjutkan pendidikan dan meningkatkan prestasi akademik mereka. Kesimpulannya, program beasiswa berprestasi ini telah memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan akses dan kualitas pendidikan di Kabupaten Pakpak Bharat, meskipun perlu adanya perbaikan berkelanjutan untuk mengatasi berbagai kendala yang ada.
References
Buku
Alamsyah, K .(2016). Kebijakan Publik Konsep dan Aplikasi. Media Citra Mandiri Press.
Ambiyar & Muharika. (Tahun terbit). Metodologi Penelitian Evaluasi Program. ALFABETA Bandung.
Ananda. R & Rafida. T (2017). Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. Perdana Publishing.
Dewi, D.S.K. (2022). Buku Ajar Kebijakan Publik; Proses, Implementasi dan Evaluasi. Samudra Biru.
Dunn, W.N. (2003). Pengantar Analisis Kebijakan Publik (Edisi Kedua). Universitas Gajah Mada Press.
Dye.Thomas R. (1981). Understanding Public Policy. Englewood Cliffs.
Gardier, dkk. (2017). Era Disrupsi Peluang dan Tantangan Pendidikan Tinggi Indonesia. Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia.
Moleong, L.J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi).
Jurnal
Ayu, S. (2015). Implementasi Model Evaluasi CIPP pada Pelaksanaan Program Pendidikan dan Pelatihan di BPTT Darman Prasetyo Yogyakarta. Nama Jurnal, 5(7), halaman.
Dewi, E.R., dkk. (2023). Evaluasi Program Beasiswa Santri Berprestasi Kementerian Agama (Studi Kasus di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan). Journal SAP, 1(2),
Ikhsan, T.M. (2019). Evaluation Program Development of Tennis in West Sumatra. Nama Jurnal, 1(1), 69-85.
Madaus, G.F., Scriven, M.S., & Stufflebeam, D.L. (1993). Evaluation Models, Viewpoints on Educational and Human Services Evaluation. Boston: Kluwer-Nijhoff Publishing.
Manik, G.P.R. (2017). Efektivitas Pengelolaan Beasiswa dari Pemerintah Daerah, 1(1),
Rauzalia. (2023) Evaluasi Program Beasiswa Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K) di Universitas Islam Negeri AR-Raniry Banda Aceh.
Sagita, R.R. (2021). Evaluasi Program Beasiswa Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) di UIN Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah Press.
Sari,D.R.,dkk. (2021). Evaluasi Program Bidiksiba dari CSR PT. Bukit Asam, TBK. Jurnal Indonesia Sosial Sains, Vol 2 No.7
Suhana, Y., dkk. (2019). Evaluasi Program Beasiswa Komunitas Adat Terpencil di Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 54-62.
Sri,k., Penelitian evaluatif sebagai salah satu model penelitian dalam bidang
Thahirah, M. (2021). Analisis Implementasi Kebijakan Bantuan Beasiswa Pemerintah Kota Dumai kepada Mahasiswa dan Mahasiswi Berprestasi dari Keluarga Kurang Mampu Asal Kota Dumai.
Website
kompas.com https://nasional.kompas.com/read/2022/05/12/00150021/hak-warga-negara-untuk-mendapatkan-pendidikan diakses pada 8 maret 2024 puku 08.00 wib
detik.com https://news.detik.com/berita/d-2722388/bupati-pakpak-bharat-gratiskan-biaya-pendidikan-siswa-yang-masuk-ptn diakses pada 7 maret 2024 pukul 13.00 wib
https://www.neliti.com/id/publications/137541/filsafat-ketuhanan-menurut-plato
https://web.pakpakbharatkab.go.id/sejarah
Regulasi
Peraturan Bupati No. 33 Tahun 2022 Tentang program pemberian bantuan beasiswa
Peraturan pemerintah Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2005 tentang pengelolaan keuangan daerah
Peraturan menteri dalam negeri nomor 32 tahun 2011 tentang pedoman pemberian hibah dan bantuan sosial yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 11 ayat (1)
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab V pasal 12 ayat 1c dan 1d
UU no.23 pasal 6 tahun 2011 tentang hibah kepada masyarakat
Undang-Undang RI Nomor 9 Tahun 2009 tentang Badan Hukum Pendidikan bab VI pasal 46 ayat 2 tentang badan hukum pendidikan memberikan beasiswa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JIANA ( Jurnal Ilmu Administrasi Negara )

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.

Jurnal Ilmu Administrasi Publik is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.