SINERGITAS TNI AD DENGAN PEMERINTAH KOTA DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM TENTARA MANUNGGAL MASUK DESA (TMMD) DI KOTA PEKANBARU

Parlindungan Hutagalung, Febri Yuliani

Abstract


Program TMMD secara umum dalam UU TNI diartikan sebagai membantu tugas pemerintahan di daerah, yakni bagian dari komitmen TNI Angkatan Darat untuk ikut membangun bangsa dan negara bersama komponen bangsa lainnya (dalam hal ini TNI bekerja sama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bersama seluruh jajarannya) secara sinergi dan berkesinambungan.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sinergitas TNI AD dengan Pemerintah Kota dalam implementasi Program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) di Kota Pekanbaru.beserta kendala yang dihadapi Ketika pelaksanaan, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan analisis data miles Huberman untuk menganalisis permasalahan. Sehingga hasil penelitian ini menyebutkan bahwa telah berjalan efektif dengan dukungan yang baik dari masyarakat. Meskipun demikian, terdapat kendala seperti kesulitan dalam mobilisasi partisipasi masyarakat lokal tanpa mengganggu mata pencaharian mereka, serta kurangnya kesadaran dan pengetahuan tentang TMMD di kalangan masyarakat. Pihak TNI AD dan Pemerintah Kota Pekanbaru menunjukkan komitmen untuk mengatasi kendala ini dengan memanfaatkan evaluasi dan umpan balik dari pelaksanaan TMMD, termasuk melalui pendekatan non-fisik seperti penyuluhan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dan menyelesaikan konflik internal yang muncul.

Keywords


Sinergitas, Implementasi Program, Desa

Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W. (2019). Research Design Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Deardorff, D. S., & Williams, G. (2006). Synergy Leadership in Quantum Organizations: Fesserdo r f Consulting

Dunn, W. N. (2015). Public policy analysis. routledge.

Dwinugraha, A. P. (2017). Sinergitas Aktor Kepentingan Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (Studi pada Desa Urek-Urek Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang). PUBLISIA (Jurnal Ilmu Administrasi Publik), 2(1), 1-7.

Effendi, B. (2020). Pengabdian Kepada Masyarakat: Sinergitas Universitas dan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD). CARRADE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 215-223.

Hasan, E. (2005). Komunikasi Pemerintahan, Bandung: PT. Refika Aditama.

Hayati, D., Charkhabi, M., & Naami, A. (2014). The relationship between transformational leadership and work engagement in governmental hospitals nurses: a survey study. Springerplus, 3(1), 1-7.

Lwihpakerti, M., & Purnaweni, H. (2018). Faktor Pendorong Dan Penghambat Implementasi Kegiatan Program Tni Manunggal Membangun Desa (Tmmd) Di Kota Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, 7(4), 216-226.

Madani, M. (2020). Dimensi interaksi aktor dalam proses perumusan kebijakan publik (No. csxky). Center for Open Science.

Madva, L. (2018). Implementasi KegiatanProgram TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kota Semarang (Doctoral dissertation, Faculty of Social and Political Science).

Moekijat, 1927-. (1994). Koordinasi : (suatu tinjauan teoritis) / Moekijat. Bandung: Mandar Maju

Mukhlisin, M., & Suharno, S. (2019). Optimalisasi Implementasi Kebijakan Pengelolaan Pendidikan Karakter Di Kabupaten Kulon Progo. AGORA, 8(1), 33-44.

Pangumpia, P., Gosal, R., & Pangemanan, S. (2018). Peran Tentara Nasional Indonesia dalam Pembangunan Melalui Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD)(Suatu Studi di Kecamatan Bunaken Kota Manado). Jurnal Eksekutif, 1(1).

Rahmawati, T. (2014). Sinergitas stakeholders dalam inovasi daerah (Studi pada Program Seminggu di Kota Probolinggo (SEMIPRO)) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Robbins, Stephen P. Prinsip - prinsip Perilaku Organisasi / Stephen P. Robbins; alih Bahasa: Halida, Dewi Sartika; editor: Nurcahyo Mahanani. (2022). Jakarta: Erlangga

Sofyandi & Garniwa. (2007). Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Graha Ilmu

Subagya, G. (2023). Tentara Nasional Indonesia Manunggal Masuk Desa (Tmmd) Bersinergi Dengan Prodi Manajemen Pertahanan Akmil Pada Kegiatan PKM Di Ds. Karangsari Kec. Cluwak, Pati Jateng. Jurnal Nagara Bhakti, 2(1), 17-24.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: ALFABETA

Umiyati, S., & Tamrin, M. H. (2021, January). Penta Helix Synergy in Halal Tourism Development. In 4th International Conference on Sustainable Innovation 2020–Social, Humanity, and Education (ICoSIHESS 2020) (pp. 75-81). Atlantis Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.46730/jiana.v22i1.8188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JIANA ( Jurnal Ilmu Administrasi Negara )

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.