PENERAPAN PROGAM PENGADUAN MASYARAKAT MELALUI APLIKASI “WARGAKU” DI KECAMATAN KARANG PILANG

Authors

Keywords:

Pengaduan, Kualitas Pelayanan Publik, Aspirasi Masyarakat

Abstract

Pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik terus dilakukan. Salah satunya Kota Surabaya dengan menciptakan aplikasi WARGAKU (Wadah Aspirasi Rukung Tetangga Rukun Warga dan Kampung Unggul) yang dirancang untuk mempermudah masyarakat dalam menyampaikan keluhan, saran, dan laporan terkait berbagai permasalahan kota, mulai dari infrastruktur, kebersihan, keamanan, hingga pelayanan publik lainnya. Aplikasi ini digunakan oleh seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kota Surabaya, salah satunya Kecamatan Karang Pilang. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan aplikasi WARGAKU dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mengidentifikasi tantangan serta hambatan yang dihadapi selama penerapannya khususnya pada Kecamatan Karang Pilang. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif  yang bertujuan menjelaskan fenomena yang   terjadi,  serta  untuk  menggambarkan secara   sistematis,   akurat   dan   faktual meliputi  fakta-fakta  atau  sifat-sifat dan  hubungan  antara  fenomena  yang diteliti. Aplikasi WARGAKU merupakan upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kecamatan Karang Pilang. Berbagai pengaduan yang disampaikan oleh masyarakat ditangani langsung oleh Kecamatan Karang Pilang mulai dari menanggapi pengaduan sampai dengan menyelesaikan permasalahan melalui aplikasi ataupun terjun langsung ke lapangan. Namun, pada penerapan aplikasi WARGAKU terdapat berbagai kendala yang hadir dan menjadi PR tersendiri untuk pemerintah dan juga Kecamatan Karang Pilang

References

Aprileny, I., Wati, W. T., & Emarawati, J. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan The Media Hotel & Towers Jakarta. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 17(02), 39–47. https://doi.org/10.36406/jam.v17i02.330

Darwin, S., & Kunto, Y. S. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan sebagai Variabe; Intervening pada Asuransi Jiwa Manulife Indonesia-Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–12.

May, I. P. A., & Fanida, E. H. (2022). Analisis Efektivitas Aplikasi Wargaku Surabaya Dalam Menunjang Pelayanan Publik Masyarakat Kota Surabaya. Publika, 1553–1568. https://doi.org/10.26740/publika.v11n1.p1553-1568

Safitri, H. F. D., & Syahara, T. A. (2021). Model Komunikasi Top-Down dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa. Borobudur Communication Review, 1(1), 12–20. https://doi.org/10.31603/bcrev.4902

Suaedi, F., & Widiono, G. W. (2017). Integrasi Pendekatan Top-Down dan Bottom-Up dalam Community Development (Studi pada Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat Kampung Down Syndrome di Kabupaten Ponorogo). Seminar IQRA, 1(1), 617–632.

Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Kota Surabaya. (2024). PROFIL PERKEMBANGAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN KOTA SURABAYA TAHUN 2023. https://disdukcapil.surabaya.go.id/wp-content/uploads/2024/04/Laporan-Akhir-Profil-Kependudukan-Surabaya-2023_06-04-2024.pdf

Indonesia, P. P. (2003). Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government. http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1002/cbdv.200490137/abstract

Moleong. (2017). Moleong. Fenomena Penelitian, Bab iii me(April 2021)

Pemerintah surabaya. (2021). Peraturan Walikota Surabaya Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas Dan Fungsi Serta Tata Kerja Kecamatan Dan Kelurahan Kota Surabaya.

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, (2009).

HUMAS MENPANRB. (2023a). Bertemu Perdana Menteri, Menteri PANRB: Indonesia dan Azerbaijan Terus Perkuat Kolaborasi. https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/bertemu-perdana-menteri-menteri-panrb-indonesia-dan-azerbaijan-terus-perkuat-kolaborasi

HUMAS MENPANRB. (2023b). Kunjungi Pelayanan Publik Terbaik Dunia, Menteri PANRB Ajak K/L dan Pemda Terus Berinovasi. https://menpan.go.id/site/berita-terkini/kunjungi-pelayanan-publik-terbaik-dunia-menteri-panrb-ajak-k-l-dan-pemda-terus-berinovasi

Downloads

Published

2024-09-11

How to Cite

Ardiningrum, S. D., & Manggalou, S. (2024). PENERAPAN PROGAM PENGADUAN MASYARAKAT MELALUI APLIKASI “WARGAKU” DI KECAMATAN KARANG PILANG. JIANA ( Jurnal Ilmu Administrasi Negara ), 22(2), 126–138. Retrieved from https://jiana.ejournal.unri.ac.id/index.php/JIANA/article/view/8186