PENERAPAN PROGAM PENGADUAN MASYARAKAT MELALUI APLIKASI “WARGAKU” DI KECAMATAN KARANG PILANG
Keywords:
Pengaduan, Kualitas Pelayanan Publik, Aspirasi MasyarakatAbstract
Pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik terus dilakukan. Salah satunya Kota Surabaya dengan menciptakan aplikasi WARGAKU (Wadah Aspirasi Rukung Tetangga Rukun Warga dan Kampung Unggul) yang dirancang untuk mempermudah masyarakat dalam menyampaikan keluhan, saran, dan laporan terkait berbagai permasalahan kota, mulai dari infrastruktur, kebersihan, keamanan, hingga pelayanan publik lainnya. Aplikasi ini digunakan oleh seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kota Surabaya, salah satunya Kecamatan Karang Pilang. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan aplikasi WARGAKU dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mengidentifikasi tantangan serta hambatan yang dihadapi selama penerapannya khususnya pada Kecamatan Karang Pilang. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan menjelaskan fenomena yang terjadi, serta untuk menggambarkan secara sistematis, akurat dan faktual meliputi fakta-fakta atau sifat-sifat dan hubungan antara fenomena yang diteliti. Aplikasi WARGAKU merupakan upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kecamatan Karang Pilang. Berbagai pengaduan yang disampaikan oleh masyarakat ditangani langsung oleh Kecamatan Karang Pilang mulai dari menanggapi pengaduan sampai dengan menyelesaikan permasalahan melalui aplikasi ataupun terjun langsung ke lapangan. Namun, pada penerapan aplikasi WARGAKU terdapat berbagai kendala yang hadir dan menjadi PR tersendiri untuk pemerintah dan juga Kecamatan Karang Pilang
References
Aprileny, I., Wati, W. T., & Emarawati, J. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan The Media Hotel & Towers Jakarta. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 17(02), 39–47. https://doi.org/10.36406/jam.v17i02.330
Darwin, S., & Kunto, Y. S. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan sebagai Variabe; Intervening pada Asuransi Jiwa Manulife Indonesia-Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–12.
May, I. P. A., & Fanida, E. H. (2022). Analisis Efektivitas Aplikasi Wargaku Surabaya Dalam Menunjang Pelayanan Publik Masyarakat Kota Surabaya. Publika, 1553–1568. https://doi.org/10.26740/publika.v11n1.p1553-1568
Safitri, H. F. D., & Syahara, T. A. (2021). Model Komunikasi Top-Down dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa. Borobudur Communication Review, 1(1), 12–20. https://doi.org/10.31603/bcrev.4902
Suaedi, F., & Widiono, G. W. (2017). Integrasi Pendekatan Top-Down dan Bottom-Up dalam Community Development (Studi pada Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat Kampung Down Syndrome di Kabupaten Ponorogo). Seminar IQRA, 1(1), 617–632.
Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Kota Surabaya. (2024). PROFIL PERKEMBANGAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN KOTA SURABAYA TAHUN 2023. https://disdukcapil.surabaya.go.id/wp-content/uploads/2024/04/Laporan-Akhir-Profil-Kependudukan-Surabaya-2023_06-04-2024.pdf
Indonesia, P. P. (2003). Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government. http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1002/cbdv.200490137/abstract
Moleong. (2017). Moleong. Fenomena Penelitian, Bab iii me(April 2021)
Pemerintah surabaya. (2021). Peraturan Walikota Surabaya Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas Dan Fungsi Serta Tata Kerja Kecamatan Dan Kelurahan Kota Surabaya.
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, (2009).
HUMAS MENPANRB. (2023a). Bertemu Perdana Menteri, Menteri PANRB: Indonesia dan Azerbaijan Terus Perkuat Kolaborasi. https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/bertemu-perdana-menteri-menteri-panrb-indonesia-dan-azerbaijan-terus-perkuat-kolaborasi
HUMAS MENPANRB. (2023b). Kunjungi Pelayanan Publik Terbaik Dunia, Menteri PANRB Ajak K/L dan Pemda Terus Berinovasi. https://menpan.go.id/site/berita-terkini/kunjungi-pelayanan-publik-terbaik-dunia-menteri-panrb-ajak-k-l-dan-pemda-terus-berinovasi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JIANA ( Jurnal Ilmu Administrasi Negara )

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.

Jurnal Ilmu Administrasi Publik is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.