PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG TRANSJAKARTA KORIDOR BLOK M-KOTA
DOI:
https://doi.org/10.46730/jiana.v21i3.8158Keywords:
kepuasan penumpang, kualitas layanan, transjakartaAbstract
Transportasi massal masih menjadi salah satu sarana favorit bagi warga DKI Jakarta. Terhubungnya layanan transportasi massal tidak terlepas dengan semakin terhubungnya sistem transportasi di Jakarta. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan penumpang transjakarta koridor Blok M - Kota. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan sumber data hasil jawaban kuesioner, observasi, dan telaah pustaka. Sampel dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan rumus Slovin dengan jumlah keseluruhan sampel sebanyak 135 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data regresi linear, koefisien determinasi, serta deskriptif dengan dibantu aplikasi SPSS versi 23 for windows. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa penerapan kualitas pelayanan transjakarta koridor Blok M – Kota berpengaruh sebesar 70,3% terhadap tingkat kepuasan penumpang transjakarta dan 29,7% adalah besarnya persentase yang tidak dilakukan penelitian.
References
Buku
Al Idrus, Salim. 2021. Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian (Konsep dan Teori). Media Nusa Creative.
vHasibuan, Malayu. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
vHolidin, Defny. Eka Sri S., dan Desy Hariyati .2017. Reformasi Birokrasi Dalam Transisi: Edisi Pertama. PT. Kharisma Putra Utama
Sanur, Debora Lindawaty. Handrini Ardiyanti. & Dewi Sendhikasari. 2018. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Indonesia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia
Siahaan, Asima Yanty. dan Piki Darma K. Pardede. 2022. Transformasi Pembangunan Melalui Pelayanan Publik. Pena Redaksi Kerta Utama
Siswanto, Yuda Teguh. dan Dwi Cahyono. 2022. Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. CV. Azka Pustaka
vSugiyono. 2019. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta
Jurnal
Anggraini, Mega. & Rose Andriani. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan Penumpang Bus Trans Padang. Jurnal Ecogen, 2(4), 769-777
Kurniawati, N. P. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Penerbangan Lion Air Di Bandar Udara Juanda Surabaya. Prosiding Snitp (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 4(1).
Maryam, Siti Neneng. (2016). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, 6(1), 1-18
Yuliani, F. (2020). Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 10 Tahun 2006 Tentang Sumber Daya Air Dan Sumur Resapan. Jiana (Jurnal Ilmu Administrasi Negara), 16(1), 48-58.
Jurnal dengan DOI
xEngkus, E. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan x Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Cibitung Kabupaten Sukabumi. Jurnal Governansi, 5 (2), 99-109 https://doi.org/10.30997/jgs.v5i2.1956
Sardi, S., Badaruddin, B., & Fitriany, F. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Penumpang Pada Pelabuhan Nusantara Parepare. Nobel Management Review, 3(4), 687–701. Https://Doi.Org/10.37476/Nmar.V3i4.3458
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Ilmu Administrasi Publik is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.