EVALUASI BUDAYA KERJA DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI DI ERA INDUSTRI 4.0 DILINGKUNGAN KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN CATATAN SIPIL EVALUASI BUDAYA KERJA KOTA TANJUNGPINANG

Cindy Febriani cindy, Rumzi Samin, Fitri Kurnianingsih

Abstract


Era industri 4.0 atau era digital sedang berlangsung saat ini. Salah satunya yang saat ini masih menyesuaikan era digital adalah instansi pemerintah yaitu disdukcapil. Permasalahan mengenai etika dan kerja budaya sampai saat ini masih menjadi persoalan yang belum tuntas diperbincangkan. Dengan adanya teknologi harusnya semakin mempermudah para petugas yang bekerja di Disdukcapil Tanjungpinang. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti terkait dengan budaya kerja dalam penggunaan teknologi yang berada dilingkunan Disdukcapil Tanjungpinang. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi budaya kerja dalam penggunaan teknologi di era industri 4.0 di Disdukcapil Kota Tanjungpinang.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif berjenis kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan teori kemampuan digital menurut Sumartono & Huda dalam Ieke Wulan Ayu 2022 yang terdiri dari Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital, Budaya Digital. Mengenai indikator etika dan budaya digital yang saling terkait yaitu dalam memberikan akses informasi kepada masyarakat petugas sudah cukup optimal, namun sikap ramah dan santun masih perlu ditingkatkan, karena masih banyak masyarakat yang merasa terkomunikasikan oleh dinas Disdukcapil. masih kurang bahkan terkesan sombong. Kesimpulannya adalah pemanfaatan teknologi di era industri 4.0 tepat sasaran dan kehadiran teknologi sangat membantu baik bagi para pekerja layanan maupun masyarakat.Untuk keamanan data juga dipastikan aman karena sudah menggunakan ISO 27001. Sehingga program era industri 4.


Keywords


Budaya Kerja, Digital, Teknologi

Full Text:

PDF

References


Buku

Rois Arifin, Amirullah, K. (2017). Budaya dan Perilaku Organisasi (K. S. Dino Sanggrha Irnanda). Malang: Empat Dua

Sobirin Achmad. (2009). Budaya Organisasi (kedus). Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Nazir. (2009). Metode Penelitian (Risman Sikumbang. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hamid Patilima. (2013). Metode Penelitian Kualitatif (4th ed.). Bandung: Alfabeta.

Sentot Imam Wahjono. (2010). Perilaku Organisasi (1st ed.). Surabaya: Graha Ilmu.

Suwarto, & Koeshartono, D. (2010). Budaya Organisasi. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya.

Taliziduhu Ndraha. (2009). Teori Budaya Organisasi. Jakarta: Rineka Ciipta.

Tubagus, D. A. (2013). Pentingnya Budaya Kerja Tinggi & Kuat (1st ed.). Bandung: Refika Aditama

Jurnal dan Skripsi

A. Hatalea , Rusmiwari, S, A. . (2014). Budaya Kerja Pegawai Negeri Sipil. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3, No.2(2443–6962).

Candra Fajri Ananda. (2022). Budaya Kerja Pemerintahan. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Brawijaya.

Dewi, S. C., & Hartono, Supri, E. I. (2018). Pengaruh Budaya Kerja Terhadap Kinerja Pehawai di Bagian Pengurusan Akta Perkawinan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DISPENDUK) Kota Surabaya.

Dirana, Fawwaz Syafril, Soffy Balgies, Jala Senastri Putri, N. A. T. (2021). Peran Budaya Organisasi Dalam Kedisiplinan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Manajemen Dan Bisnis, 6 No 1.

Ieke Wulan Ayu et al. (2022). Budaya Digital Dalam Transformasi Digital Menghadapi Era Society 5.0. Pengembangan Masyarakat Lokal, 5.

Karman, A. . (2022). Teknologi Digital dalam Budaya Kerja: Refleksi Penggunaan Video Conference Platform Saat Pandemi Covid-19. Ilmu Komunikasi, 09 no 01.

Leni, R. (2018). Pengaruh Era Revolusi Industri 4.0 terhadap Kompetensi Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 6, No 1.

Muhammad Akbar Agung Pratama, Murtir Jeddaw, S. L. (2020). Penerapan Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah. 12, No 2.

Redaksi. (2020). Disduk Capil Tanjungpinang,"Aplikasi On Line Si Kancil. MENTRENG.COM.

Respon Cepat Walikota Rahma Menindaklanjuti Aduan Warga Indikasi Pungli di Disdukcapil. (2022). KepriNews.Co.

San. (2021). Disdukcapil Tanjungpinang Akan Tempatkan 3 Mesin Anjungan Catatan Sipil Mandiri. Lintaskepri.

Sobirin. (2013). Pengaruh Budaya Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Ilmiah Saintikom, 12, No 1, 44.

Suhaila Husna Samosir, Sri Wardany, D. P. N. (2022). Hubungan Revolusi Industri 4.0 Terhadap Budaya Organisasi dan Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia Secara Islamianalisis Pada Pegawai Pemerintahan Kabupaten Deli Serdang.

Patandean, E. H. B. (2021). Pengaruh Era Revolusi Industri 4.0 Terhadap Kompetensi dan Kinerja Sumber Daya Manusia. Universitas Hasanuddin Makasar.

Redaksi. (2020). Disduk Capil Tanjungpinang,"Aplikasi On Line Si Kancil. MENTRENG.COM.




DOI: http://dx.doi.org/10.46730/jiana.v21i2.8124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JIANA ( Jurnal Ilmu Administrasi Negara )

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.