PENGAWASAN PENGELOLAAN SAMPAH DI TEMPAT PEMROSESAN AKHIR (TPA) GANET OLEH DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA TANJUNGPINANG

Julia Rahmawati, Fitri Kurnianingsih, Okparizan Okparizan

Abstract


Pengelolaan sampah yang dilakukan secara teratur dan baik tentunya akan menunjukan efek yang bagus dalam pengurangan timbunan sampah khususnya untuk timbunan sampah yang ada di TPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengawasan dari Dinas Lingkungan Hidup terhadap pengelolaan sampah yang ada di UPTD TPA Ganet. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif berjenis kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori pengawasan menurut Handoko yakni Standar alat ukur pengawasan, pengukuran kinerja, Perbandingan pelaksanaan kegiatan dengan standar dan analisa penyimpangan dan pengambilan tindakan koreksi. Hasil penelitian pada indikator Standar Alat Ukur Pengawasan standar alat ukur telah ditetapkan dan diterapkan seperti halnya sudah terdapatnya SOP selama proses pengelolaan sampah di UPTD TPA. Berdasarkan pengukuran kinerja pengawasan yang diberikan dilaksanakan secara langsung di lokasi dan secara tidak langsung melalui laporan dari staf pengawas yang ada di UPTD TPA, Berdasarkan perbandingan pelaksanaan kegiatan dengan standar dan analisa penyimpangan pelaksanaan pengelolaan sampah terkendala dikarenakan standar pembuangan sampah masih mengalami kendala dalam hal kegiatan titik bongkar sampah sehingga proses penimbunan sampah terjadi keterlambatan, berdasarkan indikator pengambilan tindakan koreksi pengawas memberikan tindakan terhadap permasalahan-permasalahan yang ada selama pengelolaan sampah di UPTD dengan memberikan beberapa tindakan seperti langkah untuk melakukan perubahan, penambahan lahan dan anggaran dalam pengelolaan sampah di UPTD TPA Ganet. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa pengawasan pengelolaan sampah di UPTD TPA Ganet oleh Dinas Lingkungan Hidup berjalan sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan meskipun masih memiliki beberapa kendala di dalamnya dan  terdapat tindakan dari pengawas apabila selama proses pengelolaan sampah memiliki hambatan serta memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut.


Keywords


Pengawasan, Pengelolaan sampah, UPTD TPA

Full Text:

PDF

References


Buku

Handoko. (2012). Manajemen. BPFE Yogyakarta.

Ismail Nurdin, S. hartati. (2019). Metodologi Penelitian Sosial (Lutfiah (ed.)). Media Sahabat Cendekia.

M.Munandar. (2012). Budgeting, perencanaan kerja, pengkoordinasian kerja, pengawasan kerja (Cetakan ke). BPFE Yogyakarta.

Miles, M. B. A. M. H. (2014). Qualitative Data Analysis. Sage Publications.

Moleong, L. (2014). Metodologi Penelitian,kualitatif sosial. PT REMAJA ROSDAKARYA.

Purnomo, C. W. (2021). Solusi Pengelolaan Sampah. GADJAH MADA UNIVERSITY PRESS.

Sugiyono. (2013). Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2013), hlm. 3 . 1. 3.

Sururama. (2020). Pengawasan Pemerintahan. Bandung Cendekia Press.

Yudiyanto,Era yudistira, atika lusi tania. (2019). Pengelolaan Sampah (Rahmatul ummah (ed.); cetakan pe). Sai wawai publishing.

Jurnal dan Skripsi

Elamin, M. Z., Ilmi, K. N., Tahrirah, T., Zarnuzi, Y. A., Suci, Y. C., Rahmawati, D. R., Dwi P., D. M., Kusumaardhani, R., Rohmawati, R. A., Bhagaskara, P. A., & Nafisa, I. F. (2018). Analisis Pengelolaan Sampah Pada Masyarakat Desa Disanah Kecamatan Sreseh Kabupaten Sampang.

Hidayat, R. (2019). Pengawasan Sistem Pembuangan Sampah Di Kota Pekanbaru. 8, 1–14.

Iryana, R. K. (2022). Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif. Problemas Del Desarrollo. Revista Latinoamericana de Economía, 21(58), 99–104.

Khairul. (2021). Pengawasan Dinas Lingkungan Hidup Dalam Penertiban Tempat Pembuangan Akhir Di Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang (Vol. 26, Issue 2) [Universitas Hasanudin].

LASTARI, I. (2017). Kebijakan Pemerintah Kota Tanjungpinang dalam Pengelolaan Sampah Tahun ( studi kasus Tempat Pemerosesan Akhir Sampah ( TPA ) Ganet Tanjungpinang Timur ) NASKAH PUBLIKASI Oleh IRNA LASTARI. Jurnal Naskah Publikasi PROGRAM STUDI SOSIOLOGI, 2015, 1–21.

Muthmainnah, & Adris. (2020). Pengelolaan Sampah di Tempat Pembuangan Akhir ( TPA ) PATOMMO SIDRAP ( Tinjauan Yuridis Peraturan Daerah No . 7 Tahun 2016 Tentang Pengelolaan Persampahan ). Jurnal Madani Regal View, 4(1), 23–38.

Neng Suryanti Nengsih, D. K. (2019). Pengawasan Pemerintah Daerah Dalam Mewujudkan Reformasi Birokrasi (Studi Kasus Pengelolaan Sampah Kawasan Pesisir Di Kota Tanjungpinang). Gender & Behaviour, 17(2), 2019, 13007-13015, 17(101), 1–19.

Rendy, M. (2015). Evaluasi Kebijakan Pengelolaan Sampah Di Dinas Kebersihan Dan Pertanaman Kota Palu. E-Jurnal Katalogis, 3(11), 73–79.

Sahil, J., Muhdar, M., Rohman, F., & Syamsuri, I. (2016). Sistem Pengelolaan dan Upaya Penanggulangan Sampah Di Kelurahan Dufa- Dufa Kota Ternate. BIOeduKASI, 4(2), 478–487.

Saputri, D. (2021). Pelaksanaan Pengawasan Terhadap Tempat Pemrosesan Akhir Muara Fajar Dengan Sistem Pembuangan Sampah Terbuka Oleh Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan Kota Pekanbaru. Universitas Islam Riau.

Sepryadi, A. (2019). Sampah Kota Palangkaraya ( studi di Jalan Rajwali Kel . Bukit Tunggal , Kec . Jekan Raya , Kota Palangkaraya). 68–78..

Lain-lain

Lakip Dinas Lingkungan Hidup Kota Tanjungpinang Tahun 2022

UU No 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah




DOI: http://dx.doi.org/10.46730/jiana.v21i2.8109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JIANA ( Jurnal Ilmu Administrasi Negara )

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.