ANALISIS PELAKSANAAN PELAYANAN PUBLIK

Harinda Yunia Hayuningtyas, Marsofiyati Marsofiyati, Terrylina Arvinta Monoarfa

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada salah satu perusahaan dengan tujuan menganalisis pelaksanaan pelayanan publik dan mengetahui faktor penghambat pelayanan publik yang ada pada perusahaan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis kualitatif dan untuk metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menyatakan bahwa pelaksanaan pelayanan publik di salah satu perusahaan tersebut sudah berjalan cukup baik, namun masih terdapat masih ada beberapa faktor yang menjadi kendala dalam penyelenggaraan pelayanan publik tersebut. Kendala yang sering dialami adalah masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang kebijakan layanan online, serta kelengkapan dokumen persyaratan yang terkadang masih belum lengkap. Selain itu, faktor teknis seperti jaringan internet yang tidak stabil juga menjadi kendala dalam pelaksanaan pelayanan publik di perusahaan tersebut.


Keywords


Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan Publik, Pelayanan Online

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, J. (2019). Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Gorontalo. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 6(2), 73–82. https://doi.org/10.37606/publik.v6i2.6

Adristi, D., Feblianto, E., & Ismail, H. (2019). Aplikasi Sayang Warga Di Kelurahan Gundih The Effectiveness Of Citizens ’ Services In Implementing The Sayang Citizens Application In Gundih Kelurahan.

Afriyanti, D. N., & Oktavia, Y. (2021). Padang Analysis Of Public Services In The Village Belakang Kelurahan Belakang Padang . kinerja kinerja pemerintah berdasarkan kualitas jawab dan dijalankan oleh pemerintah atau. 2.

Agustina, E. (2019). Pelaksanaan Pelayanan Publik Berkualitas bagi Masyarakat. Jurnal Literasi Hukum, 274–282.

Anggrainy, I. F., Darsono, N., & Putra, T. R. I. (2018). Pengaruh Fasilitas Kerja, Disiplin Kerja dan Kompensasi Terhadap Motivasi Kerja Implikasinya pada Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Aceh. Jurnal Magister Manajemen, 2(1), 1–10. http://202.4.186.66/JMM/article/view/10227/8072

Erlianti, D. (2019). Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Administrasi Publik Dan Bisnis, 1(1), 15–28. https://doi.org/10.36917/japabis.v1i1.7

Gravetter, F., & Forzano, L. (2011). Research Methods in Social and Behavioral Sciences.

Harsono, B. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Publik pada Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kecamatan Johar Baru Kota Administrasi Jakarta Pusat. Jurnal Administrasi Publik, 3(1), 20–38. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/paj/article/download/777/441

Herawati, P. (2018). Pengaruh Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Pelayanan (Studi Tentang Pengaruh Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Pelayanan Di Kantor Pemerintah Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto). JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 4(1), 958–961. https://doi.org/10.30996/jpap.v4i1.1279

Heriyanto, N., & Mujiarti Ulfah, S. (2022). Analisis Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Memberikan Pelayanan Publik. 8(2), 2723–2530.

Hidayat, T. (2019). Pembahasan Studi Kasus Sebagai Bagian Metodologi Penelitian. ResearchGate, August, 1–13. https://www.researchgate.net/publication/335227300_Pembahasan_Studi_Kasus_Sebagai_Bagian_Metodologi_Penelitian

Huda, M., Wiyono, S., Hidayatullah, M. F., & Bahri, S. (2020). Studi Kasus Sistem Informasi dan Pelayanan Administrasi Kependudukan Case Study Information System of Population Administration Service. 9(28). https://doi.org/10.34010/komputika.v9i1.2518

Irawan, B. (2015). E-Government Sebagai Bentuk Baru Dalam Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Teoritik. Jurnal Paradigma, 4(3), 200–209. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JParadigma/article/download/419/379

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. p-ISSN 2549-7332 %7C e-ISSN 2614-1167%0D

Muharam, R. S. (2019). Inovasi Pelayanan Publik Dalam Menghadapi Era. 1(1), 39–47.

Nurdin, I. (2019). Kualitas Pelayanan Publik (Perilaku Aparatur Dan Komunikasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik). Journal Artikel, 20.

Rahmadanik, D., & Permatasari, S. A. (2021). Pelaksanaan Pelayanan Prima di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Nganjuk. Journal of Public Administration and Local Govermance, 5(2), 103–114. https://doi.org/10.31002/jpalg.v5i2.4803

Rahmawati, A. D., & Fatmawati, A. (2020). Sistem Administrasi Desa Mendiro Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi Berbasis Web. 20(02), 134–140.

Suandi, S. (2019). Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur. Journal PPS UNISTI, 1(2), 13–22. https://doi.org/10.48093/jiask.v1i2.8

Syukur, M., Razak, M., & Hamzah, M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Pelayanan Publik Pada Kantor Kecamatan Batulappa Kabupaten Pinrang Program Pascasarjana Magister manajemen, ITB Nobel Indonesia Makassar 2 Program Pascasarjana Magister manajemen, ITB Nobel Indonesia Ma. 2, 958–969.




DOI: http://dx.doi.org/10.46730/jiana.v21i1.8090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JIANA ( Jurnal Ilmu Administrasi Negara )

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.