EFEKTIFITAS PELAYANAN WARGA DALAM PEMBERLAKUAN APLIKASI SAYANG WARGA DI KELURAHAN GUNDIH

Diffa Adristi Efelian Feblianto, Hasan Ismail

Abstract


Pelayanan administarsi kependudukan yang akurat dibutuhkan guna mendukung pembangunan yang menyeluruh. Melalui penerapan pelayana e-govererment dapat memebrikan pelayanan public yang prima, cepat dan efisien. Pelaksanaan magang ini bertujuan untuk membantu mendampingin layanan administarsi kependudukan, metode pelaksanaan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi magang ini bertempat di Kantor Kelurahan Gundih Kecamatan Bubutan Kota Surabaya. Data primer yang didapatkan diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi, kegiatan berupa studi Pustaka, dokumentasi pada pelaksanaan magang, praktik dan aktivasi langsung. Pelaksanaan Magang cukup mempengaruhi masyarakat lebih sadar mengenai data kepedudukan. Untuk menuju pelayanan yang optimal pemerintak kota Surabaya harus memenuhi kebutuhan yang diperlukan seperti sarana prasarana, sdm yang mampu dalam bidanganya

Keywords


pelayanan, sayang warga, dispendukcapil

Full Text:

PDF

References


Devi Yulindaningtyas, 2015, Kualitas Pelayanan Kependudukan Terhadap Kepuasan Masyarakat

Mokhammad Hawazun, 2017, Pelayanan Administrasi Kependudukan Dalam Perspektif New Public Service Oleh Dinas Kependuduk

Pt. Iconesia Solusi Prioritas, 2019, Survey Indeks Kepuasan Masyarakat Bidang Pelayanan Umum Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya –

Dispendukcapil Kota Surabaya, 2022, Pelayanan Adminduk Di Surabaya Semakin Mudah, Sehari 3.000 Pemohon

Rafika Rachma Maulidini, 2022, Warga Bisa Temui Camat Dan Lurah Bahas Aplikasi Sayang Warga

Calfee, R. C., Dan Valencia, R. R. 2017. Apa Guide To Preparing Manuscripts For Journal Publication. Washington, Dc: American Psychological Association.

Pemerintah Kota Surabaya, 2022, Luncurkan Aplikasi Sayang Warga Pemkot Surabaya Libatkan Kader Identifikasi Masalaah Social Dan Kesehatan

Abdul Hakim, 2022, Pelayanan “Sayang Warga” Surabaya Efektif Bantu Urus Kependudukan Dispenduk capil Kota Kediri, 2022, Tujuan Dan Sasaran

M. Sholahuddin, 2022, Sering Lemot, Aplikasi Sayang Warga Sikeluhkan Kader Suabaya Hebat

Kompas, 2022, Luncurkan Aolikasi Sayang Warga, Pemkot Surabaya Permudah Kader Kesehatan Pantau Kondisi Masyaraka.

Pemerintah Kota Surabaya, 2022, Luncurkan Aplikasi Sayang Warga Pemkot Surabaaya Libatkan Kader Identiikassi Maslah Social Dan Kesehatan

Robi Cahyasi Kurniawan, 2016, Inovasi Kualitas Pelayanan Public Pemerintah Daerah.

Pupung Pundenswari, 2017, Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Bidang Kesehatan Terhadap Kepuasan Masyarakat

Yayat Rukayat, 2017, Kualitas Pelayanan Public Bidang Aadministrasi Kependudukan Di Kecamatan Pasirjambu

Haura Attahara, 2018, Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government: Studi Kasus Aplikasi Ogan Lopian Dinas Komunikasi Dan Informatika Di Kabupaten Purwakarta

Bambang Irawan, 2013, Studi Analisis Konsep E-Government: Sebuah Paradigma Baru Dalam Pelayanan Public

Yurisal D. Aesong, 2013, Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government: Studi Kasus Aplikasi Ogan Lopian Dinas Komunikasi Dan Informatika Di Kabupaten Purwakarta

Doramia Lumbanraja, "Urgensi Transformasi Pelayanan Publik Melalui E-Government Pada New Normal Dan Reformasi Regulasi Birokrasi," Administrative Law And Governance Journal, Vol. 3, No. 2, Pp. 220-231, Jun. 2020. Https://Doi.Org/10.14710/Alj.V3i2.220-231

Trisapto Wahyudi Agung Nugroho Analisis E-Government Terhadap Pelayanan Publik Di Kementerian Hukum Dan Ham (Analysis Of E-Government To Public Services In The Ministry Of Law And Human Rights)

Ntya Seruni Duhita,2018, Inovasi Produk E-Lampid Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kota Surabaya

Abdul Hakim,2022, Pelayanan "Sayang Warga" Surabaya Efektif Bantu Urus Kependudukan

By Redaksi,2022, E-Klampid Sudah Tidak Dipakai, Pemkot Surabaya Perkenalkan Klampid New Generation

Shofi Hadi Wardhana,2021, Peran Kelompok Informasi Masyarakat (Kim) Dalam Diseminasi Informasi Melalui Media Sosial Di Kelurahan Gundih Kota Surabaya

Peraturan Wali Kota Surabaya Nomor 95 Tahun 2008, Tentang Rincian Tugas Danfungsi Kelurahan Kota Surabaya Walikota Surabaya.

Badan Pusat Statistik Kota Surabaya Kelurahan Gundih, Tugas Dan Fungsi Kelurahan Keputusan Kepala Dinas Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Nomor : 188.4/2037/436.7.11/2022, Standar Pelayanan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipi

Pasolong, H. (2007). Teori Administrasi Publik.Bandung:

Alfabeta Ibrahim, A.(2008) Teori Dan Konsep Pelayanan Publik Serta Impelemntasinya. Jakarta: Kencana




DOI: http://dx.doi.org/10.46730/jiana.v20i3.8075

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIANA ( Jurnal Ilmu Administrasi Negara )

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.