ANALISIS KINERJA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) SELUNAK MAKMUR DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DESA (PAD)
DOI:
https://doi.org/10.46730/jiana.v23i1.8293Abstract
Pelayanan publik berkaitan erat dengan kemampuan, daya tanggap, ketepatan waktu, dan sarana prasarana yang tersedia. Apabila layanan yang diberikan sudah sesuai dengan yang diharapkan oleh pengguna layanan,maka dapat dikatakan pelayanan tersebut merupakan pelayanan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pelayanan publik bidang administrasi kependudukan di Desa Pekan Heran Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu. Jenis pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel yaitu Accidental Random Sampling. Key informan yaitu PJ Kepala Desa, Kasi Pelayanan, Kasi Pemerintahan dan masyarakat yang sedang melakukan pelayanan di Kantor Desa Pekan Heran. Analisis data yaitu redaksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan cukup baik berdasarkan aspek bukti fisik (tangible) Kantor Desa Pekan Heran hanya memiliki luas ruang cukup kecil yaitu 4x6 m2 untuk kapasitas jumlah petugas pelayanan 2 orang. Pada aspek kehandalan (reliability) bahwa masyarakat merasa puas dengan pelayanan yang di berikan Bagian Pelayanan Umum mengenai kehandalan dalam menangani setiap keluhan masyarakat, handal dalam segi waktu dan ketepatan proses pelayanan. Aspek daya tanggap (responsiveness) pegawai dalam hal membantu masyarakat yang membutuhkan pelayanan atas hambatan yang dialami masyarakat. Dilihat dari aspek jaminan (Assurance) khususnya keamanan di Kantor sudah menunjukan upaya meningkatkan kualitas pelayanannya terkait memberikan rasa aman bagi masyarakat yaitu dengan menempatkan tukang parkir yang ikut mengamankan keadaan di parkiran. Aspek empati (empathy) yaitu dengan memberikan kesan yang menyenangkan terlihat dari sikap petugas yang memberikan kejelasan prosedur pelayanan dan menerima kritik mapun saran dengan sepenuh hati sebagai interopeksi untuk layanan yang lebih baik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Ilmu Administrasi Publik is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.