PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DESA KUANTAN BABU
DOI:
https://doi.org/10.46730/jiana.v21i3.8286Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat di Desa Kuantan Babu, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, observasi, dan dokumentasi guna memperoleh data primer dan sekunder. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 92 responden yang ditentukan menggunakan teknik accidental random sampling berdasarkan rumus Slovin. Analisis data dilakukan dengan metode regresi linear sederhana menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 24. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kualitas pelayanan dan kepuasan masyarakat. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 19,796 + 0,332X, yang mengindikasikan bahwa peningkatan kualitas pelayanan akan diikuti oleh peningkatan kepuasan masyarakat. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 63,7% menunjukkan bahwa 63,7% variasi kepuasan masyarakat dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian, peningkatan kualitas pelayanan publik sangat berpengaruh terhadap peningkatan kepuasan masyarakat desa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Ilmu Administrasi Publik is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.