PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DESA KUANTAN BABU

Authors

  • Khaidir universitas riau indonesia
  • Machdaliza universitas riau indonesia
  • Supardi universitas riau indonesia
  • heri hermanto universitas riau indonesia
  • sri widia ningsih universitas riau indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46730/jiana.v21i3.8286

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat di Desa Kuantan Babu, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, observasi, dan dokumentasi guna memperoleh data primer dan sekunder. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 92 responden yang ditentukan menggunakan teknik accidental random sampling berdasarkan rumus Slovin. Analisis data dilakukan dengan metode regresi linear sederhana menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 24. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kualitas pelayanan dan kepuasan masyarakat. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 19,796 + 0,332X, yang mengindikasikan bahwa peningkatan kualitas pelayanan akan diikuti oleh peningkatan kepuasan masyarakat. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 63,7% menunjukkan bahwa 63,7% variasi kepuasan masyarakat dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian, peningkatan kualitas pelayanan publik sangat berpengaruh terhadap peningkatan kepuasan masyarakat desa.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Khaidir, Machdaliza, Supardi, heri hermanto, & sri widia ningsih. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DESA KUANTAN BABU. JIANA ( Jurnal Ilmu Administrasi Negara ), 21(3), 253–263. https://doi.org/10.46730/jiana.v21i3.8286