PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU

Authors

  • Indrayani universitas riau indonesia
  • Machdaliza
  • Heri Hermanto
  • Ayu Lestari
  • ayu soraya

DOI:

https://doi.org/10.46730/jiana.v23i1.8282

Abstract

Kepemimpinan memegang peranan penting dalam mencapai tujuan organisasi, termasuk dalam lingkungan pendidikan. Keberhasilan atau kegagalan sebuah sekolah sangat ditentukan oleh kualitas kepemimpinan kepala sekolah dalam memberikan layanan terbaik bagi guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dan tenaga honorer di SD Negeri 025 Kelesa, Kecamatan Seberida, Kabupaten Indragiri Hulu, dan mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhinya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan 10 informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah telah menjalankan perannya dengan cukup baik, terutama dalam pengambilan keputusan, pemberian motivasi, dan menjalin komunikasi yang efektif dengan guru, orang tua, dan komite sekolah. Namun, masih terdapat ruang untuk perbaikan, terutama dalam memberikan apresiasi non-fisik yang lebih konkret, seperti penghargaan atau insentif, untuk meningkatkan motivasi guru secara lebih efektif. Oleh karena itu, perbaikan strategi pemberian penghargaan diharapkan dapat lebih mengoptimalkan peran kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja guru.

Downloads

Published

2025-07-22

How to Cite

Indrayani, Machdaliza, Heri Hermanto, Ayu Lestari, & ayu soraya. (2025). PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU. JIANA ( Jurnal Ilmu Administrasi Negara ), 23(1), 87–97. https://doi.org/10.46730/jiana.v23i1.8282