PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU
DOI:
https://doi.org/10.46730/jiana.v23i1.8282Abstract
Kepemimpinan memegang peranan penting dalam mencapai tujuan organisasi, termasuk dalam lingkungan pendidikan. Keberhasilan atau kegagalan sebuah sekolah sangat ditentukan oleh kualitas kepemimpinan kepala sekolah dalam memberikan layanan terbaik bagi guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dan tenaga honorer di SD Negeri 025 Kelesa, Kecamatan Seberida, Kabupaten Indragiri Hulu, dan mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhinya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan 10 informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah telah menjalankan perannya dengan cukup baik, terutama dalam pengambilan keputusan, pemberian motivasi, dan menjalin komunikasi yang efektif dengan guru, orang tua, dan komite sekolah. Namun, masih terdapat ruang untuk perbaikan, terutama dalam memberikan apresiasi non-fisik yang lebih konkret, seperti penghargaan atau insentif, untuk meningkatkan motivasi guru secara lebih efektif. Oleh karena itu, perbaikan strategi pemberian penghargaan diharapkan dapat lebih mengoptimalkan peran kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja guru.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Ilmu Administrasi Publik is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.