KUALITAS KERJA PEGAWAI PADA KANTOR LURAH DUSUN SAROLANGUN KECAMATAN SAROLANGUN KABUPATEN SAROLANGUN PROVINSI JAMBI
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketidakpuasan masyarakat terhadap kinerja pegawai Kantor Lurah Dusun Sarolangun, Kecamatan Sarolangun, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi, khususnya dalam hal waktu penyelesaian layanan. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis kualitas kerja pegawai dan mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan tugas. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, dengan melibatkan 9 informan yang terdiri dari 5 pegawai dan 4 masyarakat. Kerangka teoretis yang digunakan mengacu pada konsep kinerja TR Mitchel dalam Sedarmayanti (2021:51), yang mencakup dimensi kualitas kerja, ketepatan waktu, inisiatif, kemampuan, dan komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pegawai tergolong "Cukup Baik", namun terdapat beberapa kendala signifikan, terutama terkait keterbatasan sarana prasarana dan kurangnya program pelatihan di bidang administrasi dan teknologi.
Keywords
Kata Kunci: Kualitas Kerja, Pegawai, Kantor Lurah Dusun Sarolangun
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.46730/jiana.v22i2.8206
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JIANA ( Jurnal Ilmu Administrasi Negara )
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.