IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KURIKULUM MERDEKA PADA SEKOLAH PENGGERAK TINGKAT SMA DI KABUPATEN ROKAN HILIR

Sumartono Sumartono, Febri Yuliani, Zulkarnaini Zulkarnaini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan kurikulum merdeka pada Sekolah Penggerak Tingkat SMA di Kabupaten Rokan Hilir. Serta untuk mengetahui Hambatan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka pada Sekolah Penggerak Tingkat SMA di Kabupaten Rokan Hilir. Jenis penelitian ini adalah desktiptif kualitatif dengan analisis Grindle yang terdiri atas isi kebijakan (content of policy) dan lingkungan implementasi (context of implementation). Lokasi penelitian adalah SMAN 1 Bagan Sinembah dan SMAN 2 Pujud. Informan penelitian berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data adalah dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka pada Sekolah Penggerak Tingkat SMA di Rokan Hilir belum sepenuhnya berjalan sesuai dengan Kepmendikbudristek RI No.56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum  dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran karena pelaksanaan kurikulum tersebut baru diimplementasikan dalam kurun waktu 2 tahun terakhir. Hambatan-hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan kurikulum merdeka pada Sekolah Penggerak Tinggat SMA di Kabupaten Rokan Hilir adalah Kurangnya sumber daya manusia yaitu Guru Penggerak yang ada pada sekolah sehingga implementasi tidak dapat berjalan maksimal. Masih minimnya pengetahuan dan literasi guru-guru dalam memahami dan menggunakan pembelajaran berbasis digitalisasi. Fasilitas sekolah yang masih minim, seperti masih kurangnya ruang laboratorium, akses internet juga menjadi kendala dalam pelaksanaan kurikulum


Keywords


Implementasi, Kebijakan, Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Efyanto, D. (2021). Analisis Penerapan Kebijakan Merdeka Belajar Pada Kurikulum SMK (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Aprilina, R. G. (2019). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2019 “Impressive Emphatic dalam Edifikasi Kepemimpinan Inovatif Menyongsong Era 5.0.” Implementasi Peran Kepemimpinan Pendidikan Yang Inovatif Dalam Menyesuaikan Perkembangan Zaman, 237–240.

Fajarwati, A., & Rahmadilla, U. (2022). Model Implementasi Kebijakan Merilee Grindle. Dialog, 7(1), 123-133.

Fauzi, A. (2022). Implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak. Jurnal Pahlawan| Vol, 18(2).

H. Tachjan. (2006). Implementasi Kebijakan Publik (C. P. Dede Mariana (ed.); 1st ed.). Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) Bandung bekerjasama dengan Puslit KP2W Lembaga Penelitian Unpad.

Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis kurikulum merdeka dalam mengatasi learning loss di masa pandemi Covid-19 (analisis studi kasus kebijakan pendidikan). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150-5161.

Pramono, J. (2020). Implementasi dan Evaluasi Kebijakan Publik. In Sutoyo (Ed.), Kebijakan Publik (1st ed.). UNISRI Press Redaksi

Puskur Dikbud Ristek. (2021). Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. In Kajian Akademik (1st ed., p. 130). Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Sari, R. M. (2019). Analisis Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 38–50. https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i1.3326

Suhartono, O. (2021). Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 8–19. https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/alrosikhuun/indexPage%7C8

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216

Syafi’i, F. F. (2021). Merdeka belajar: sekolah penggerak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,” November, 46–47.

Yuliah, E. 2020. Implementasi Kebijakan Pendidikan The Implementation of Educational Policies. At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan, 30, 129–153.

Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39.

Kemendikbudristek, 2022. Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Kemendikbudristek (pp. 1–33).

Grindle, M. S. (2017). Politics and policy implementation in the Third World.

Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).

Peraturan:

Kemendikbudristek, (2022). Salinan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2022 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Kemendikbudristek (pp. 1–16).

Kemendikbudristek, (2022). Salinan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Kemendikbudristek (pp. 1–72).

Kemendikbudristek BSKAP, (2022). Salinan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah. Kemendikbudristek BSKAP RI (pp. 1–384).

Kemendikbudristek BSKAP, (2022). Salinan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 009/H/KR/2022 Tentang Dimensi, Elemen, dan Sebelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek BSKAP RI (pp. 1–35).

Kemendikbudristek, (2022). Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Nomor 0301/C/HK.00/2022 Tentang Penetapan Satuan Pendidikan Pelaksana Program Sekolah Penggerak Angkatan II dalam lampiran IV. Dirjen PAUD, DIKDAS, DIKMEN (pp. 1-82).




DOI: http://dx.doi.org/10.46730/jiana.v22i1.8187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JIANA ( Jurnal Ilmu Administrasi Negara )

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.