PENERAPAN PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI DESA PAMIJAHAN KABUPATEN TASIKMALAYA

Ina Wati

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menjelaskan terkait pelayanan yang dijalankan Desa Pamijahan apakah telah menerapkan prinsip good governance atau belum. Dalam penelitiannya menggunakan metode kualitatif yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menjalankan pelayanan publik yang baik maka harus menerapkan prinsip yang diterapkan oleh good governance untuk kesejahteraan masyarakat serta masyarakat dapat langsung merasakan akan manfaat yang diberikan oleh pemerintah atas pelayananya yang sesuai dengan keinginan mereka. Akan tetapi dalam pelayanannya Desa Pamijahan belum menerapkan good governance sehingga dalam melayani sesuai keinginan masyarakat secara optimal belum dijalankan dengan baik dan masih banyak pantologi pemerintah yang harus di selesaikan untuk kesejahteraan masyarakat dan memajukan Pemerintah Desa serta kurangnya SDM untuk memajukan desa tersebut. Untuk itu dengan mengetahui permasalahan yang ada di Desa tersebut diharapkan dapat menjadi evaluasi untuk memperbaiki masalah yang ada sehingga desa tersebut tidak tertinggal dengan desa lainnya dan akan menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat.


Keywords


Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Publik, Dan Good Governance

Full Text:

PDF

References


Ristiani, I. Y. (2020). Manajemen pelayanan publik pada mall pelayanan publik di Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat. Coopetition, 11(2), 325691.

Kamelia, L., & Veranita, M. (2022). Analisis Implementasi Good Governance Dalam Mewujudkan Pelayanan Publik Yang Berkualitas Di Kecamatan Ciater Kabupaten Subang. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(2), 289-299.

Dewi, R. C., & Suparno, S. (2022). Mewujudkan good governance melalui pelayanan publik. Jurnal Media Administrasi, 7(1), 78-90.

Sumarsid, S., & Paryanti, A. B. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Grabfood (Studi Wilayah Kecamatan Setiabudi). Jurnal Ilmiah M-Progress, 12(1).

Riani, N. K. (2021). Strategi peningkatan pelayanan publik. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2443-2452.

Wahyudi, D., Marantika, A., & Yusup, Y. (2022). Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Dan Fasilitas Kantor Terhadap Kinerja Perangkat Desa Di Kecamatan Kampar. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 5(1), 887-898.

Putra, H. S. (2017). Tata kelola pemerintahan desa dalam mewujudkan good governace di desa kalibelo kabupaten kediri. Jurnal Politik Muda, 6(2), 110-119.

Maani, K. D. (2009). Transparansi dan Akuntabilitas dalam Pelayananan Publik. Jurnal Demokrasi, 8(1).

Heryanto, Y. (2014). Implementasi Good Governance Terhadap Peningkatan Pelayanan Publik di Indonesia. Jurnal Logika, 12(3), 23-40.

Muksin, M. (2020). UPAYA PEMERINTAH DESA DALAM MENSEJAHTERAKAN MASYARAKAT DESA SETELAH BERLAKUNYA UU NO. 06 TAHUN 2014 TENTANG DESA (Studi Kasus Di Desa Gunelap, Kecamatan Sepulu, Bangkalan). Ahkam: Jurnal Hukum Islam, 8(1).

Rohman, A., Hanafi, Y., & Hardianto, W. T. (2019). Penerapan prinsip-prinsip good governance dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Reformasi, 9(2), 153-160.




DOI: http://dx.doi.org/10.46730/jiana.v21i3.8141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JIANA ( Jurnal Ilmu Administrasi Negara )

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.