ANALISIS KINERJA PELAYANAN PUBLIK PADA APLIKASI SAPAWARGA JAWA BARAT

Muhibullah Muhibullah, Hanny Purnamasari

Abstract


Abstrak: Pesatnya perkembangan teknologi di era sekarang membuat pemerintah provinsi Jawa Barat membuat terobosan yaitu dengan diluncurkan nya jabar super apps yang salah satunya yaitu ada aplikasi sapawarga sebagai bentuk wujud layanan pada masyarakat, aplikasi sapawarga merupakan aplikasi layanan dan informasi dari berbagai instansi pemerintahan Jawa Barat yang terintegrasi dengan satu aplikasi saja yaitu sapawarga. Pada penelitian ini yaitu menggunakan teori dari lenvinne dalam ratminto dan atik septi winarsih yang terdiri dari tiga indikator yaitu : responsiveness, responsibility dan accountability. adanya penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tentang keingan,harapan, masukan dari masyarakat yang diserap oleh pihak aplikasi sapawarga dan untuk mengetahui komitmen dalam pemenuhan pelayanan sesuai dengan kepentingan masyarakat selain itu untuk mengetahui presisi aplikasi sapawarga dalam memberikan pelayanan pada masyarakat dan stakeholder sesuai dengan nilai norma yang berkembang di masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan sumber data primer yang diperoleh langsung lewat pihak aplikasi sapawarga dan sekunder yaitu melalui jurnal, buku, artikel dan berita. Hasil penelitian ini yaitu daya tanggap provider pada customers seperti harapan, keinganan bisa dikatakan cukup akan tetapi, hanya perlu dilakukan komperhensif lagi dalam menyerapak harapan dan keingan tersebut. Komitmen dalam pemberian layanan dan informasi dapat dilhat pada fitur,layanan yang selalu baru akan tetapi dari segi efisiensi masih terdapat layanan yang harus memerlukan secara offline tidak 100% online. Untuk mewujudkan pertanggungan jawaban publik aplikasi ini memiliki orientasi dan nilai penyederhanaan yang mengedapkan pengguna selain itu adanya fitur kritik saran serta hotline yang nanti nya bisa menyesuaikan dengan nilai, norma yang berkembang di masyarakat. 

Kata Kunci: Pelayanan, Kinerja, Sapawarga


Keywords


Pelayanan, kinerja, sapawarga

Full Text:

PDF

References


Annual report Jabar digital service 2023 Retrieved from digitalservice.jabarprov.go.id/.

Diskominfo. (2017, Desember 28). Pengertian, keuntungan & kerugian E-government. Retrieved from https://diskominfo.badungkab.go.id/art ikel/17 777-pengertian-keuntungan- kerugian- e-government

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No 63/KEP/M.PAN/7/2003.

Mardiasmo. 2009. Akuntansi Sektor Publik Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Nurhuda, N., Darwiyanto, E., & Widowati, S. (2020). Evaluasi Kualitas Aplikasi Sapawarga Pemprov Jawa Barat Berdasarkan ISO/IEC 25010 dan Analytical Hierarchy Process (AHP). eProceedings of Engineering, 7(3).

Ratminto/Winarsih, Atik Septi, 2005. Manajemen Pelayanan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rohimat, M. F. (2021). Tinjauan Mobile Government Dalam Pemanfaatan Peluang Digital di Provinsi Jawa Barat. JDKP Jurnal Desentralisasi Dan Kebijakan Publik, 2(2), 257.

Rue, L.W. & LL. Byars, 1980. Manajemen Theory and Application, Ricard D. Irwin Inc. Homewood IL.

Sopian, K., & Mulyono, D. (2023). Pengembangan Aplikasi Sapa Warga Dalam Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Publik Kepada Masyarakat. Comm-Edu (Community Education Journal), 6(2), 258-264.

Sellfia, N. R., Dayat, U., & Aryani, L. (2021). Inovasi pelayanan publik berbasis e- government dalam aplikasi sampurasun Purwakarta. KINERJA, 18(4), 590- 598.

Umam, K., Halim, F. R., & Purnamasari, O. (Eds.). (2022). Penerapan E- Goverment Lintas Sektor Dalam Memajukan Efektivitas Dan Efisiensi Roda Pemerintahan. Jurusan Administrasi Publik FISIP UIN SGD Bandung.

Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.




DOI: http://dx.doi.org/10.46730/jiana.v21i3.8137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JIANA ( Jurnal Ilmu Administrasi Negara )

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.