ANALISIS KINERJA PELAYANAN ADMINISTRASI PENDUDUK DALAM PERSPEKTIF NEW PUBLIC SERVICE DI KELURAHAN PAKIS SURABAYA

Elis Viranda

Abstract


Konsep New Public Service adalah suatu konsep manajemen publik yang memperhatikan pengembangan layanan publik yang responsif, transparan, partisipatif, dan berkaitan dengan kebutuhan masyarakat. Dalam konteks ini, administrasi kependudukan yang terkait dengan New Public Service harus memperhatikan pentingnya partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan, serta memberikan layanan yang berkualitas dan merata kepada seluruh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pelayanan administrasi kependudukan di Kelurahan Pakis, Kecamatan Sawahan, Kota Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi litelatur. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan administrasi kependudukan di Kelurahan Pakis terlaksana dengan baik, hal ini didukung dengan adanya tekonologi informasi yang memadahi dan layanan berbasis elektronik government.


Keywords


administrasi kependudukan, New Public Service, E-Government dan Surabaya

Full Text:

PDF

References


Fitrawati, & Mila Mey Murdiana. (2021). Kualitas Pelayanan Publik Kantor Bersama Sistem Adminitrasi Manunggal Satu Atap Kabupaten Sinjai. Jurnal Ilmiah Administrasita’, 12(2). Https://Doi.Org/10.47030/Administrasita.V12i2.268

Harun Samsudin. (2018). Kinerja Karyawan. Tinjauan Dari Dimensi Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi. In Sidoarjo: Indomedia Pustaka.

Hutasoit, N. S. (2016). Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Kantor Kecamatan Palaran Kota Samarinda. Ejournal Administrasi Negara, 4(2).

I Wayan Ray, R. (2020). Inovasi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Dalam Penerapan Sistem Check-In Dan Boarding Pass Pada Pt Kai Daop I Jakarta (Studi Kasus Layanan Check In Dan Boarding Pass Di Stasiun Senen Jakarta). Journal Of Governance Innovation, 2(1), 32–52. Https://Doi.Org/10.36636/Jogiv.V2i1.387

lalang laksono, o., ayu sekarini, r., & sutisna, e. (n.d.). pengaruh komunikasi informal dan kualitas kerja terhadap kinerja karyawan pada pt. reasuransi nasional indonesia. in online) journal of educational and language research (vol. 2, issue 3). http://bajangjournal.com/index.php/joel

Mahale, D. Y., H Dotulong, L. O., Tawas, H. N., & Ekonomi Dan Bisnis Jurusan Manajemen, F. (2017). Pengaruh Disiplin Kerja, Penempatan, Serta Diklat Terhadap Kinerja Pegawai Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Dan Hutan Lindung (Bpdashl) Tondan Di Manado Influence Work Disciplin, Placement, And Traning Against Employee Performance Management Center Watershed And Forest Reserve (Bpdashl) Tondano Manado. 5, 706–713.

Mukarom, Z., & Laksana, M. W. (2016). Membangun Kinerja Pelayanan Publik : Menuju Clean Government And Good Gonvernance. In Pustaka Setia.

Parasuraman, A., & Berry, L. (1991). Parasuraman, A, Berry L, Refinement And Reassessment Of The Servqual Scale.Pdf. In Journal Of Retailing.

Santoso, S. (2020). Analisis Resepsi Audiens Terhadap Berita Kasus Meiliana Di Media Online. Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 12(2).

Sanusi, A. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis, Cetakan Kedua. Bandung: Salemba Empat. Jumant, 6(1).

Sinambela, L. P. (2016). Sinambela Reformasi Pelayanan Publik. In Bumi Aksara.

Suryana. (2013). Kewirausahaan: Kiat Dan Proses Menuju Sukses. In Jakarta: Salemba Empat.

Ulum, M. C. (2018). Public Service: Tinjauan Teoretis Dan Isu-Isu Strategis Pelayanan Publik. In UB Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.46730/jiana.v21i2.8093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JIANA ( Jurnal Ilmu Administrasi Negara )

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.