STRATEGI KELURAHAN KAMPUNG BULANG DALAM MENINGKATKAN KUALITAS APARATUR KELURAHAN MELALUI PROGRAM DESA CANTIK TAHUN 2021 DI KOTA TANJUNGPINANG

Yessi Apriani

Abstract


Program Desa Cantik (Cinta Statistik) merupakan bentuk tanggung jawab Badan Pusat Statistik terhadap pengembangan statistik sektoral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan Strategi Kelurahan Kampung Bulang dalam Meningkatkan Kualitas Aparatur Kelurahan Melalui Program Desa Cantik Tahun 2021 Di Kota Tanjungpinang. Penyerahan Piagam Penghargaan di berikan oleh Badan Pusat Statistik Kepulauan Riau dan Badan Pusat Statistik Kota Tanjungpinang kepada Lurah Kampung Bulang pada tanggal 11 Januari 2022. Pendekatan ini menggunakan  metode kualitatif  dengan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang di dapat kemudian di analisis menggunakan pendekatan yang dikembangkan oleh Miles and Huberman  meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori Kotten dengan hasil penelitian Strategi Kelurahan Kampung Bulang Dalam Meningkatkan Kualitas Aparatur Kelurahan Melalui Program Desa Cantik Tahun 2021 Di Kota Tanjungpinang berjalan secara optimal hal ini dibuktikan dengan terpilihnya sebagai 15 besar Kelurahan Cantik seindonesia dan mendapat piagam penghargaan. Pemilihan desa/kelurahan yang akan mengikuti program desa cantik memenuhi beberapa  kriteria sebagai berikut: sumber daya manusia yang mengelola administrasi sudah melek teknologi, saran teknologi informasi yang dimiliki pemerintah desa/kelurahan sudah memadai, sebagian besar perangkat desa/kelurahan sudah memiliki kesadaran statistik yang baik, sistem pengadministrasian sudah baik, memiliki profil kependudukan, memiliki website. Sementara itu saat pelaksanaan terkait dengan penyuluhan atau sosialisasi terkendala dengan Covid-19 dan kurang lengkapnya data.

Kata Kunci : Strategi, Kualitas Aparatur Kelurahan, Program Desa Cantik


Full Text:

PDF

References


Buku:

Bungin. (2007). Penelitian Kualitatif . Jakarta: Kencana.

Cendikia, M. S., Dr. Drs. Ismail Nurdin, M. S., Dra. Sri Hartati, M. S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Media Sahabat Cendikia.

Hari Setiawan Purnomo & Zulkieflimansyah (2007). Manajemen Strategi. Jakarta: Lembaga Penelitian.

Mahsun, Mohamad. (2006). Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: BPFE.

Moleong, L. J. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moneir. (1992). Pendekatan Manusiawi dan Organisasi terhadap Pembinaan Kepegawaian. Jakarta: Gunung Agung.

Novianto, W. (2015). Telaah Isu-Isu Strategis Desentralisasi dan Otonomi Daerah. Jakarta: Pusat Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah IAN RI.

Oliver, S. (2001). Seri Pr. Strategi Pr. Esensi.

Prof. Dr. J. Salusu, M. (1996). Pengambilan Keputusan Stratejik. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Robbins, P. S. (1995). Perilaku Organisasi. Jakarta: Prenhalindo.

Sandara Oliver (2001). Seri Pr. Strategi Pr. Esensi.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta

Usman, Husaini, P. S. A. (2017). Metode Penelitian Sosial (ke-3). Bumi Aksara.

Widhi Novianto, E. S. (2015). Telaah Isu-Isu Strategi, Desentralisasi dan Otonomi Daerah. Lembaga Administrasi Negara RI.

Zuriah, N. (2007). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Jurnal Dan Skripsi:

Ali, R. (2017). Strategi pemerintah desa dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kantor Desa Wolonwalu. JUPEKN, 15.

Alquroba, A. (2020). Strategi Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi (Studi di Desa Muara Kuis Kecamatan Ulu Rawas Kabupaten Musi Rawas Utara, Provinsi Sumatra Selatan). 77.

Aisnak, T. (2018). Strategi pemerintah desa dalam pemberdayaan masyarakat tani di Desa Banjarejo Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunung Kidul Provinsi DIY. 37.

Fatnuriawan, A. (2014). Kinerja Aparatur Pemerintah Desa Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pelayanan Publik Di Desa Puhjarak Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri . 10.

Istiqomah, A. (2018). "Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kinerja Aparatur Desa Dengan Menggunakan Analisis SWOT. 10".

Magdalyn, A. (2021). Analisis Kebutuhan Pelatihan Pada Pelatihan Teknis Statistik Sektoral Pembina 100 Desa Cinta Statistik (Cantik). Civil Service Vol. 15, No. 2, 35-47.

Nugraha, I. F. (2021). Kinerja Aparatur dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Bidang Penghubung Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah di Jakarta. Jurnal Ilmiah Nasional, 82-98.

Nurani, M. K. (2019). Upaya Pemerintah Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Aparatur Desa. 7.

Ramadan, F. (2021). Strategi Pemerintah Desa Dalam Mengembangkan Kampung Sabbeta Desa Pissing Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng. unismuh, 17.

Risnawan, W. (2017). Strategi pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis. 7.

Rodgers, S. (2017). METODE PENELITIAN. SAMPE Journal, 53(3), 44.

Soleh, A. (2017). Strategi Pengembangan Potensi Desa. Sungkai Vol.5 No.1, 21.

Sugiyarti, S. (2018). Strategi Meningkatkan Kinerja Aparatur Sipil Negara Di Kantor Kelurahan Mudal Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo Tahun 2018. 67.

Wahyuni. (2018). Strategi Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Desa Massamaturu Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. 106.

Wanto, A. H. (2017). Strategi pemerintah Kota Malang dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik berbasis konsep Smart City. Public Sector Innovations, 5.

Wati, A. (2021). Strategi Kepala Desa Dalam Meningkatkan Tugas Dan Fungsi Perangkat Desa (Studi di Desa Talang Jangkang Kabupaten Indra Giri Hilir). 90.

Undang-Undang dan Peraturan:

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa Pasal 25

Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1960 tentang sensus

Peraturan Presiden No 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia Semakin Jelas




DOI: http://dx.doi.org/10.46730/jiana.v20i2.8038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIANA ( Jurnal Ilmu Administrasi Negara )

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.