PENERAPAN GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PUBLIK DI SEKSI TELEKOMUNIKASI PSO BEA CUKAI TANJUNG BALAI KARIMUN
DOI:
https://doi.org/10.46730/jiana.v21i3.8129Keywords:
kepuasan layanan, layanan publik, tata kelola pemerintahanAbstract
Pelayanan publik bagi instansi pemerintah merupakan bentuk cerminan dari suatu periode pemerintahan itu sendiri. Dalam penelitian ini akan membahas penerapan tata kelola pemerintahan yang baik terhadap kualitas layanan publik dari Seksi Telekomunikasi di Pangkalan Sarana Operasi Bea dan Cukai Tanjung Balai Karimun yang berada di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau. Pendekatan penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel pada penelitian ini menggunakan metode sampel jenuh. Data yang dikumpulkan pada penelitian berdasarkan jawaban kuesioner, pengamatan (observasi), dan telaah pustaka. Analisis data yang digunakan dengan metode deskriptif serta inferensial dengan jumlah responden sebanyak 30 orang. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi tata kelola pemerintahan yang baik akan menghasilkan kualitas layanan yang baik terutama pada Seksi Telekomunikasi dimana diperoleh nilai r square adjusted sebesar 0,689. Bahwa antara variabel penerapan tata kelola pemerintahan yang baik (X) memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan layanan sebesar 68,9%. Sedangkan nilai persentase sebesar 33,1% menjadi nilai persentase yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
References
Azlina, N., dan Amelia, I. (2014). Pengaruh Good governanceDan Pengendalian Intern Terhadap Kinerja Pemerintah Kabupaten Pelalawan. Jurnal Akuntansi Univeritas Jember. Vol.12 (2) 32-42
Hayat. (2017). Manajemen Pelayana Publik. Depok: Raja Grafindo Persada.
Maghfirah, Desi. Zuhrizal Fadly. (2022). Implementaasi Good Governance Dalam Meningkatkan Kedisplinan Pegawai (Studi Kasus Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Ilmu Administrasi Negara (JUAN) 10(2), 29-41
Maryam, Neneng Siti. (2016). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi Vol 6(1), 1-18
Moeniar, H.A.S. (2014). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Pasolog, Harbani. (2017). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta
Peraturan Menteri Keuangan Nomor 24/PMK.01/2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Pangkalan Sarana Operasi Bea dan Cukai
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Manajemen Talenta Aparatur Sipil Negara
Rohman, Abdul. (2018). Dasar-Dasar Manajemen Publik. Malang: Penerbit Empat Dua
Solechan. (2019). Asas-Asas Umum Pemerintahan yang Baik dalam Pelayanan Publik. Administrative Law and Governance Journal Vol 2(3), 541-557
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Trisno, Andhika. Dan Marlien Lapian. (2017). Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Pelayanan Publik di Kecamatan Wanea Kota Manado. Jurnal Eksekutif 1(1), 1-10
Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Ilmu Administrasi Publik is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.